Olahan Kopi Unik Ala Nusantara Tidak Salah Dicicipi


Bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta kopi, pasti sudah tak asing lagi dengan jenis-jenis dan citra rasa kopi di Indonesia. Penyajain kopi pun kini telah sangat beragam mulai dari penyajian dengan cara modern hingga tradisional. Olahan kopi seperti banyak dikenal oleh anak muda seperti espresso, cappucino, frape, latte dan masih banyak lagi.

Tapi tahukan Anda bila olahan kopi lokal Indonesia tak kalah nikmat dan popular bahkan hingga kemanca Negara. Karena rasa, jenis maupun cara pembuatannya yang sulit dan hanya ditemukan di Indonesisa. Maka tak heran banyak tourist yang mengincar kelezatan kopi ala Nusantara ini. Simak olahan kopi berikut ini:

Inilah 4 Olahan Kopi Unik Ala Nusantara

  1. Kopi Kopyok Asal Gresik

Kota yang terletak di pantai utara pulau jawa ini dikenal masyarakat sebagai “kota warung kopi”. Selain sebagai tempat minum kopi warkop juga dimanfaatkan sebagai tempat nongkrong. Apalagi ditambah fasilitas wifi yang akan membuat Anda semakin betah.

Olahan kopi bernama kopi Kopyok yang unik
Olahan kopi bernama kopi Kopyok yang unik (source)

Olahan kopi kopyok ini terkenal unik pasalnya dalam penyajiannya masih disajikan serbuk kopi yang kasar kemudian ditempatkan dalam gelas lalu dalam gelas dituangkan air mendidih. Serbuk kopi yang bertekstur kasar ini secara otomatis akan naik dengan sendirinya ke atas dalam bahasa jawab disebut mumbul.

Cara menikmati kopi kopyok ini Anda harus mengaduknya terlebih dulu agar serbuk kopi yang mumbul tadi melarut bersama dengan air dan gula. Citra rasa kopi kopyok ini pun terbilang unik karena terdapat rasa masam. Ditambah lagi serbuk kopi yang berteksur kasar ini banyaknya hingga separuh dari gelas. Bisa Anda bayangkan bukan betapa mantabnya rasa kopi ini.

Baca juga 5 Alat Penting Proses Produksi dan Pengolahan Kopi

  1. Kopi Joss Arang Asal Yogjakarta

Menelusuri malam dikota Yogyakarta tak lengkap rasanya bila tak menikmati secangkir kopi joss arang. Kopi legendaris yang dapat Anda temukan disepanjang jalan malioboro. Ini akan memanjakan lidah pencinta kopi dan pastinya akan ketagihan.

Inilah cara olahan kopi joss arang yang dapat Anda coba buat yang pertama siapkan bahan-bahannya pastinya siapkan kopi bubuk (bebas), arang bersih yang dibakar sampai merah. Seduh kopi dan gula sesuai selera dengan air panas kedalam gelas. Lalu aduk hingga melarut kemudian masukkan arang panas tadi dan kopi joss arang siap dihidangkan.

Kopi joss, kopi yang bercampur dengan arang panas
Kopi joss, kopi yang bercampur dengan arang panas (source)

Bukan hanya kelezatan dan keunikan cara penyajiannya saja loh, kopi joss arang ini juga berdasarkan penelitian, memiliki kadar kafein yang rendah karena metode pembuatannya yang dinetralisis oleh arang panas pada suhu 2500C. Arang sebagai karbon aktif dapat mengikat polutan, racun serta dapat mengurangi ampas kopi dan memperbaiki aroma.

  1. Kopi Talua Asal Sumatra Barat

Bila berkunjung ke sumatra barat tak lengkap rasanya bila tak mencicipi kopi yang satu ini, kopi talua merupakan  racikan kopi berbalur buih kuning telur yang lembut dengan paduan citarasa manis, gurih yang khas.

Proses olahan kopi terbilang unik dan tak biasa pasal nya kopi akan disajikan bersama dengan kuning telur. Kuning telur dipisahkan dari putihnya kemudian dimasukkan dalam gelas berisi susu kental manis dan ditambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis. Kemudian dikocok hingga mengembang, lalu ditambahkan seduhan kopi mendidih. Sajian kopi ini dipercaya memiliki banyak khasiat salah satunya menambah tenaga dan meningkatkan vitalitas.

Tidak hanya kopi, Talua juga menyediakan versi tehnya
Tidak hanya kopi, Talua juga menyediakan versi tehnya (source)
  1. Kopi Ijo Asal Tulungagung

Bila kopi identik dengan warna hitam pekat kini berbeda dengan kopi asal tulungagung yang khas dan unik pasalnya kopi tersebut berwarna ijo. Penasaran bukan mengapa kopi ini berbeda dengan kopi lainnya. Kopi ijo ini memiliki rasa dan tekstur yang unik dan berbeda dari kebanyakan kopi laiinya.

Saat penyajian kopi ijo ini terlihat berwarna hijau kehitam-hitaman. Rahasianya ada pada proses pengeringannya. Biji kopi yang sudah dikeringkan kemudian disangrai namun pada proses pengeringan kopi ini disangrai dengan menggunakan kayu bakar yang pilihan dan wadah dari tanah liat yang dilakukan dengan telaten dan menjaga agar api tetap stabil. Kemudian proses penggilingan menggunakan cara yang manual yaitu menggunakan alu dan lesung.

Tampak seperti kopi? ya, kopi Ijo khas Tulungagung
Tampak seperti kopi? ya, kopi Ijo khas Tulungagung (source)

Beragam kekayaan Indonesia yang pastinya tidak dapat Anda temukan di luar Negeri salah satunya adalah olahan kopi unik ala Nusantara yang akan membuat Anda rindu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Kategori

Subscride

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner